3 September 2012

Alasan Mengapa Gatal Biasanya Digaruk


Banyak penjelasan untuk menjawab mengapa gatal terobati segera setelah menggaruknya. Dan beberapa penjelasan yang disukai adalah aktivitas menggaruk ternyata membantu pelepasan rasa sakit; endorphins. Atau menggaruk juga menjadi penyebab terdistribusikan sensasi gatal yang dipicu oleh histamine yang terkonsentrasi di satu lokasi menjadi tersebar.

Tetapi informasi yang termuat dalam harian Nature Neuroscience merinci alasan lain mengapa menggaruk dapat mengurangi rasa gatal. Menggaruk ternyata menurunkan aktivitas pada neron susunan saraf tepi transmisi rasa gatal ke otak.

Meski mekanisme fisiologi tentang bagaimana menggaruk dapat memulihkan rasa gatal sangat sulit dipahami. Para ilmuwan dapat menggambarkan bahwa neuron yang berada khusus di susunan saraf tepi – spinothalamictract (STT), STT menjadi lebih aktif ketika gagal, informasi ini kemudian diteruskan ke otak.

Untuk memahami gejala ini, seorang neuroscientist, Glenn J. Geisler dari Universitas Minnesota di Minneapolis bersama koleganya melakukan percobaan pada hewan primata. Dalam penelitian ini para ilmuwan menyuntikkaan histamin. Mereka menemukan bahwa menggaruk kulit memblok aktivitas neuron spinothalamic. Tetapi yang menarik hal itu hanya berpengaruh pada permukaan kulit yang gatal lantaran terpicu oleh histamin.

Dugaan itu kemudian ditulis, menggaruk menghambat transmisi rasa gatal dari susunan saraf tepi bergantung pada aksi yang dilakukan. Hal itu berarti aktivitas neuron STT tidak berkurang walaupun digaruk jika si monyet tidak merasa gatal.

Pengurangan aktivitas neuron karena menggaruk hanya terjadi ketika kulit terasa gatal dan bila neuron membawa informasi itu ke otak. Menggaruk baru akan menghambat transmisi bila sinyal “gatal” datang yang berujung pada hilangnya rasa gatal.

Special thanks

Semoga bermanfaat....

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar! buka rahasia

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar artikel saya, jika ada link yang rusak atau kadaluarsa laporkan disini dan tulis request artikel anda disini juga ya....

Home Color Code Watch TV