9 Desember 2012

Cara Menghafal yang Efektif dan Efisien dalam Belajar

Pelajar, tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Sering kita alami kendala-kendala dalam belajar, salah satunya adalah kendala dalam menghafal materi yang begitu banyaknya, baik dalam kata atau kalimat maupun rumus. Disini saya akan memberikan "Cara Menghafal yang Efektif dan Efisien dalam Belajar" berdasarkan pengalaman saya sendiri.



Berikut cara atau metode yang saya gunakan:
1. Niat
Pertama niatkan hati anda untuk serius dan sungguh-sungguh dalam belajar.
2. Mulailah dengan berdoa
Berdoa itu penting sebelum belajar. Tidak hanya dalam belajar, tetapi sebelum melakukan segala sesuatu alangkah baiknya apabila kita memulainya dengan berdoa, memohonlah kepada Allah SWT agar kita diberi kemudahan dalam menghafal materi.
3. Cari tempat yang nyaman
Sebelum belajar, sebaiknya kita mencari tempat yang nyaman untuk belajar, misalnya di dalam kamar.
4. Fokus dan konsentrasi
Sikap fokus juga sangat diperlukan dalam belajar. Konsentrasilah penuh pada materi yang kita pelajari, seperti tidak sambil mendengarkan musik maupun menonton televisi. Tetapi ada juga sebagian orang yang justru melakukan kebalikannya tetapi malah dapat menguasai materi dengan baik, hal itu juga tergantung pada kebiasaan dan kemampuan individu masing-masing.
5. Bacalah dengan cepat
Membaca seluruh materi secara cepat dan sekilas saja, apabila anda membaca keseluruhan materi itu hanya akan membuang-buang waktu anda padahal anda tidak akan hafal semua jika hanya dengan membaca, maksimal anda hanya akan ingat.
6. Perhatikan dan hafalkan
Sering terdapat kata atau kalimat yang dianggap penting, perhatikan dengan seksama dan hafalkan itu.
7. Istirahatkan otak sejenak
Setelah menghafal seluruh materi yang dianggap penting, istirahatkan otak anda selama beberapa menit.
8. Ulangi kembali
Selanjutnya ulangilah kembali materi yang telah anda hafal dan anda pelajari tadi. Bisa dengan menuliskan hafalan anda tadi atau bisa juga dengan diucapkan, dengan begitu anda akan tahu mana yang masih anda ingat dan mana yang sudah anda lupa. Apabila anda lupa, hafalkan lagi sampai anda benar-benar hafal, tetapi jangan hanya fokus pada materi yang anda lupa. Tetapi anda juga harus mengulangi minimal dengan membacanya lagi materi yang sudah anda hafal tadi.
9. Akhiri dengan doa
Tidak hanya dalam memulai sesuatu, saat mengakhiri sesuatu alangkah baiknya apabila kita berdoa, memohonlah kepada Allah SWT agar kita tidak mudah lupa dengan materi yang telah kita hafalkan tadi.
10. Jangan menyerah
Apabila anda sudah bersungguh-sungguh tetapi anda belum juga mendapatkan hasil yang maksimal, janganlah menyerah tetaplah berusaha. Insyaallah suatu hari anda akan berhasil.

Special thanks

Semoga bermanfaat....

1 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar! buka rahasia

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar artikel saya, jika ada link yang rusak atau kadaluarsa laporkan disini dan tulis request artikel anda disini juga ya....

Home Color Code Watch TV